Koordinasi Persiapan E-Learning IAIN Kediri Menyambut Tahun Akademik 2020/2021

LPM IAIN Kediri – Kota Kediri. Hari Rabu, tanggal 22 Juli 2020, telah dilaksanakan acara rapat koordinasi antara Wakil Rektor I IAIN Kediri, LPM IAIN Kediri, dan juga UPT TIPD IAIN Kediri di Kantor LPM IAIN Kediri. Agenda yang dibahas pada rapat koordinasi kali ini adalah mengenai Penjelasan dan Persiapan Sistem E-Learning IAIN Kediri untuk menghadapi tahun akademik baru 2020/2021.

Acara rapat koordinasi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bapak Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag. (Wakil Rektor I IAIN Kediri), dengan moderator adalah Bapak M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I. (LPM IAIN Kediri), dan juga notulis Muhammad Iqbal Imaduddin, S.Kom (LPM IAIN Kediri). Pada rapat tersebut Bapak Ahmad Subakir menyampaikan, bahwa kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini telah memaksa banyak perguruan tinggi untuk menerapkan pembelajaran berbasis daring. IAIN Kediri sendiri, selama masa pandemi yang sudah terjadi sejak periode Semester Genap 2019/2020, telah menjalankan pembelajaran berbasis daring melalui beberapa platform yang berbeda, seperti : ZOOM Meeting, Google Meet, WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya. Namun, untuk menghadapi Semester Gasal 2020/2021 ini, diperlukan suatu sistem E-Learning yang terintegrasi dan bisa diawasi kinerjanya sehingga pembelajaran jadi lebih mudah. Maka diperlukan sistem E-Learning yang khusus untuk IAIN Kediri.

Menjawab keinginan serta kebutuhan tersebut, pihak TIPD telah menyiapkan aplikasi E-Learning berbasis website yang bisa digunakan oleh seluruh civitas akademik di IAIN Kediri. Bapak Rofik Efendi, selaku Kepala UPT TIPD IAIN Kediri, menjelaskan dengan rinci kepada peserta rapat mengenai aplikasi E-Learning IAIN Kediri tersebut, beserta segudang fiturnya yang bisa digunakan dan diakses sesuai akun log-in yang dipakai. Banyak sekali keunggulan dari Sistem E-Learning tersebut, mulai dari penjadwalan, proses pembelajaran, pengawasan, histori dan absensi yang sangat lengkap. E-Learning tersebut sudah dalam tahap ‘siap digunakan’ (ready to deploy), sehingga pada Semester Gasal 2020/2021, mahasiswa dan dosen-dosen IAIN Kediri sudah bisa menggunakannya untuk memperlancar pembelajaran secara daring di masa pandemi COVID-19. (*/imad)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *