Pembahasan Pedoman Pembelajaran dan Penilaian oleh LPM IAIN Kediri

LPM IAIN Kediri – Kota Kediri. LPM IAIN Kediri melaksanakan kegiatan Pembahasan Pedoman Pembelajaran dan Penilaian hari Kamis tanggal 24 September 2020. Kegiatan ini berfokus untuk memperbaiki pedoman versi sebelumnya, dengan mengikuti perkembangan Undang-Undang yang terbaru. Buku pedoman ini berisi tentang berbagai ketentuan dalam pengembangan pembelajaran dan penilaian, mulai dari perencanaan, pengembangan pembelajaran, dan penilaian. Dalam pengembangan tersebut, dosen dan pengelola program studi di IAIN Kediri dapat memperhatikan Moderasi Islam (Penguatan Pendidikan Karakter) dan  Integrasi Keilmuan dan Keislaman.

Buku pedoman ini diharapkan dapat memudahkan program studi dan dosen dalam penyusunan dokumen rancangan pembelajaran suatu mata kuliah yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran, memudahkan pihak manajemen fakultas dan jurusan dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan memudahkan dalam pengawasan dan evaluasi serta penjaminan mutu proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan proses akreditasi Program Studi sesuai dengan regulasi BAN-PT, dosen dan pengelola program studi dapat mengembangkan prosedur Penjaminan Mutu pada Pembelajaran dan Penilaian, Standar Mutu Pembelajaran dan Penilaian, Indikator Kerja Utama dan Tambahan, dan Evaluasi Capaian Kinerja.

Dosen dan Pengelola program studi pada IAIN Kediri diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan Panduan ini secara optimal dalam kerangka pengembangan dua standar tersebut sesuai dengan tuntutan SN-Dikti, kebutuhan, dan tantangan Revolusi Industri 4.0. Sebagai tindak lanjut dari pedoman ini, program studi pada IAIN Kediri dapat menyusun kembali  petunjuk  teknis pembelajaran, penyusunan bahan ajar, praktikum, dan penilaian sesuai dengan karakteristik core values dan capaian pembelajaran lulusan masing- masing. (*/imad)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *