Kegiatan

SOSIALISASI AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) 2024, LPM IAIN KEDIRI UNDANG SELURUH PIMPINAN FAKULTAS, PRODI, DAN UNIT KERJA

Rabu, 24 April 2024, LPM IAIN Kediri mengadakan acara sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2024. Acara ini bertempat di Aula TIPD lantai 2, mulai pukul 09.30-11.00 WIB. Hadir pada kegiatan ini jajaran rektorat, dekanat, kaprodi, Gugus Penjamin Mutu fakultas, kaprodi, serta ketua unit kerja dan Lembaga se-IAIN Kediri.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua LPM, Dr. H. Muniron, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa AMI telah memasuki tahun ke-6, di mana kali pertama diadakan pada tahun 2019. Sehingga harapannya, hasil audit terus mengalami peningkatan. Minimal per unit kerja nilainya “BAIK”, tidak lagi “cukup” ataupun “kurang”. Oleh karenanya, sinergi antara kaprodi dan sekprodi mutlak diperlukan demi suksesnya audit ini. Beliau juga menekankan bahwa audit ini sifatnya bukanlah penilaian, tetapi pengecekan kesesuaian antara kinerja unit kerja dengan standar yang telah ditetapkan. Patokannya tetap PPEPP, sehingga harus dipastikan bahwa setiap kegiatan dimulai dengan rencana yang jelas, hingga terakhir ada evaluasi dan tindak lanjutnya.

Setelah itu, sambutan dilanjutkan oleh Rektor IAIN Kediri, Dr. H. Wahidul Anam, M.Ag. Beliau meminta komitmen dari seluruh calon auditee dalam setiap pertemuan, koordinasi, sosialisasi, hingga pelaksanaan AMI nanti. Rektor juga akan turun langsung untuk memantau kegiatan AMI, sehingga LPM diminta untuk memberikan jadwal audit lapangan ketika sudah siap nanti.

Memasuki acara inti, penyampaian sosialisasi AMI 2024 dilakukan oleh Kepala Pusat Pengendalian, Audit, Pemantauan, dan Penilaian (PAPP), Dr. Hj. Zuraidah, M.Si dan tim, Ibu Fidia Astuti, M.Psi. Bu Fidia dalam paparannya menyampaikan lini masa pelaksanaan AMI tahun ini. Mulai dari latar belakang dan dasar pelaksanaan AMI, tujuan, petunjuk teknis, alur kerja, jadwal pelaksanaan, dan tata tertib AMI. Tanggal penting yang harus diingat adalah unggah dokumen oleh auditee 25 April – 25 Juni 2024. Audit daring (pengecekan isian evaluasi diri dan pengisian penilaian auditor) 25 – 30 Juni 2024. Audit luring 1 – 8 Juli 2024. Selanjutnya, ada Audit Tindak Lanjut (ATL) luring, Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) institut, dan monev RTM.

Terakhir adalah sesi tanya jawab dengan calon auditee. Ibu Zuraidah menjawab pertanyaan terkait dengan permintaan penyamaan persepsi isian instrument antara auditor dan auditee, sehingga dalam pelaksanaannya tidak terdapat salah paham. Fakultas bisa meminta jadwal LPM untuk memfasilitasi penyamaan persepsi tersebut karena instrumen yang digunakan tiap prodi ada yang berbeda. Misalnya ada yang menggunakan instrumen BAN-PT, Lamemba, dan Lamdik, yang masing-masing memiliki karakteristik tertentu.

Bulan depan, kegiatan yang akan diadakan LPM IAIN Kediri adalah Penyegaran Materi (refreshment) untuk para calon auditor AMI 2024. (Fatma)