Kegiatan

LPM Dampingi Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi S1- PAI yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) di Institut Agama Islam Negeri Kediri Tahun 2024

Kediri, Selasa 30 April 2024 – LPM mendampingi Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi PAI yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) selama dua hari pada hari senin dan selasa tanggal 29 dan 30 April 2024 di Gedung Terpadu IAIN Kediri. Asesor Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PAI adalah Bapak Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Asesor 1 dan Bapak Dr. Nur Khoiri, M.Ag. dari UIN Walisongo Semarang sebagai Asesor 2. Asesmen Lapangan dihadiri oleh Rektor IAIN Kediri, wakil rektor, Dekan dan wakil Dekan Tarbiyah, tim akreditasi PAI, tim LPM, tim GPM Tarbiyah, tim LPPM, tim TIPD, tim perpustakaan, dosen PAI, kasubag akademik, ketua SPI, ketua IOP, mahasiswa PAI, pengguna lulusan dan alumni PAI IAIN Kediri.

Pembukaan Asesmen Lapangan diawali oleh sambutan dari Rektor IAIN Kediri, Bapak Dr. Wahidul Anam, M.Ag. menyampaikan bahwa kinerja dan kemajuan yang telah dicapai oleh Prodi PAI harapannya akan memberikan hasil akreditasi yang unggul, dan juga menegaskan komitmen institusi untuk terus meningkatkan kualitas prodi PAI. Sambutan dari Asesor 1 dan Asesor 2 menyatakan pentingnya proses akreditasi untuk menjamin mutu sebuah program studi, sekaligus mendorong terus berkembangnya pendidikan yang berkualitas. Asesor menekankan bahwa peningkatan mutu pendidikan tidak hanya menjadi kewajiban, tetapi juga tanggung jawab bersama dalam menjaga standar kualitas pendidikan tinggi.

Selama sesi asesmen lapangan, berbagai pertanyaan diajukan oleh asesor untuk mengkonfirmasi dan menggali berbagai aspek terkait kebijakan, keunggulan, visi keilmuan, promosi, serta implementasi program di Prodi PAI IAIN Kediri dan hal tersebut dapat terkonfirmasi dengan baik.  Beberapa poin yang dibahas antara lain: kebijakan percepatan masa studi mahasiswa, pentingnya keberadaan kebijakan yang jelas terkait percepatan masa studi mahasiswa dan persyaratan yang harus dipenuhi, serta keabsahan kebijakan tersebut berdasarkan regulasi yang berlaku. Keunggulan Prodi/UPPS dalam bidang Tri Dharma, asesor mengkonfirmasi keunggulan Prodi PAI dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Visi keilmuan, pentingnya sinkronisasi antara visi keilmuan dengan kurikulum yang diterapkan, serta bagaimana kurikulum mendukung pencapaian visi keilmuan. Kerja sama antara LPM, GPM, dan UPM, asesor menggali kerja sama antara lembaga-lembaga di dalam institusi yang bertujuan untuk mendukung kelancaran program studi. Relevansi visi keilmuan dalam RPS, pentingnya visi keilmuan tercermin dalam RPS untuk memastikan konsistensi dalam penyampaian materi dan tujuan pembelajaran. Promosi untuk menarik mahasiswa baru, strategi promosi yang efektif untuk menarik minat mahasiswa baru, termasuk penggunaan media massa dan sosial. Penurunan kuota mahasiswa baru, alasan di balik penurunan kuota mahasiswa baru berdasarkan peraturan. Peran IOP dalam mensosialisasikan institusi kepada mahasiswa asing, serta upaya meningkatkan kerjasama internasional. Pengelolaan PLP dan Microteaching, kebijakan dan pedoman terkait pengelolaan PLP dan microteaching untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan. Pengaturan SKS mata kuliah, pertimbangan di balik penentuan SKS suatu mata kuliah, dan cara penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan.

Asesor dalam proses akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri memberikan sejumlah rekomendasi penting yang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan mahasiswa. Berikut adalah beberapa rekomendasi tersebut: memaksimalkan sosialisasi dan aktivitas UKM, asesor menyarankan untuk memaksimalkan sosialisasi tentang kegiatan UKM agar mahasiswa tertarik dan terlibat dalam beragam aktivitas ekstrakurikuler. Hal ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan multi talenta mahasiswa. Dukungan UKM untuk persiapan dunia kerja, perlu adanya UKM yang tidak hanya memberikan pengalaman sosial dan hobi, tetapi juga mendukung persiapan mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja. Ini termasuk pelatihan keterampilan dan pengalaman praktis yang relevan. Penguatan alumni, asesor menyarankan penguatan program yang melibatkan alumni dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa, untuk mendukung pembentukan karakter dan profesionalisme. Rekomendasi-rekomendasi ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi IAIN Kediri untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan bagi mahasiswa, serta memperkuat posisinya sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka.

Asesmen lapangan ini menjadi momen penting dalam memastikan Prodi PAI IAIN Kediri terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan. Dengan pengawasan yang ketat dan komitmen yang kuat, harapannya adalah IAIN Kediri terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berkualitas.