Kegiatan

IAIN KEDIRI Sukses Melakukan Visitation Stage 2 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Berbasis International Organization For Standardization (ISO) 21001: 2018 oleh British Standards Institution (BSI)

Kota Kediri- LPM IAIN Kediri. Hari Jumat tanggal 23 Agustus sampai Jumat 30 Agustus 2024 LPM IAIN Kediri sukses melakukan Visitation Stage 2 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan Berbasis International Organization For Standardization (ISO) 21001: 2018 oleh British Standards Institution (BSI). Visitasi kedua yang dilaksanakan selama 6 hari ini dilakukan secara Offline untuk validasi dokumen dan interview terhadap auditee. Auditor dari BSI adalah Boedi Minarto. MC pada pembukaan acara ini adalah Fidia Astuti, M.Psi.

Pembukaan Visitation Stage 2 dari BSI dimulai Jumat 23 Agustus 2024 pada pukul 08.00 di Aula Pertemuan Gedung Pendidikan Terintegrasi (Gedung R). Pembukaan visitasi dihadiri oleh Wakil Rektor 2 dan 3, Kabiro, Dekan Fuda, Dekan Fatar, Dekan Febi, Dekan Fasya, Direktur Pascasarjana, Kabag Fuda, Kabag Fatar, Kabag Febi, Kabag Fasya, Kabag Pascasarjana, Keuangan, SPI, Bahasa, Umum, Akademik, Ma’had, Kepustakaan, TIPD, LPPM, Tim LPM dan Tim GPM.

Wakil Rektor 2 IAIN Kediri, Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag.  dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya ISO ini sebagai media dakwah untuk memperkenalkan IAIN Kediri yang sebentar lagi menjadi UIN Kediri sehingga kualitas IAIN Kediri tersertifikasi secara Internasional sehingga kualitas IAIN Kediri tidak jare-jare atau mulut ke mulut tetapi betul-betul tersertifikasi. 

            Sebelum proses audit berlangsung Boedi Minarto dari BSI melakukan opening dengan memperkenalkan profile dirinya sebagai auditor dan sejarahnya BSI sebagai lembaga sertifikasi Internasional yang berpusat di Inggris yang didirikan oleh Sir John Wolfe-Barry sejak 1911 dan masuk ke Indonesia tahun 2010. Kantor perwakilan BSI Indonesia ada di Jakarta.  Acara pembukaan Visitation Stage 2 ditutup dengan pembacaan doa dari Dekan Fuda, Dr. KH. A. Halil Thahir, M.HI.

Acara selanjutnya yaitu proses audit yang akan dipandu oleh Sekretaris LPM Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dengan auditee pertama dari LPM mulai pukul 10.00 sampai 11.30 dan istirahat melaksanakan sholat Jumat. Setelah sholat Jumat dilanjutkan proses audit dengan auditee dari lembaga-lembaga dan unit-unit yang ada di IAIN Kediri. Adapun pembagian jadwal di hari selanjutnya yaitu Senin dengan auditee Febi dan Fasya, Selasa dengan auditee Pascasarjana, Rabu dengan auditee Rektorat dan Fuda. Kamis dengan auditee kabiro dan di hari terakhir dengan auditee Fatar.

Setiap proses audit, auditor akan berkunjung ke kantor auditee atau ke lokasi yang sudah disepakati bersama auditee dengan ditemani moderator yaitu Sekretaris LPM Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dan tim dari LPM dan GPM yang terbagi beberapa kelompok untuk menjadi penanggung jawab atau PJ.  Tugasnya PJ adalah menemani auditor selama proses audit dan notulensi untuk menulis temuan-temuan selama proses audit. Hari Jumat PJ auditor adalah Pak Hudha, Senin PJ auditornya Bu Zuraidah, Bu Fidia, dan Bu Novi. Hari Rabu PJnya adalah Pak Maarif, Pak Jerhi dan Bu Ima. Hari Rabu PJnya adalah Pak Muniron, Pak Sufirmansyah dan Pak Yani. Hari Kamis PJ nya adalah Pak Irfan dan Pak Wildan. Hari Jumat PJ nya adalah Bu Resti, Bu Fatma, Bu Sheyla.              

Tanggal 30 Agustus setelah Jumatan tepatnya pukul 14.00 bertempat di Aula Gedung M Tarbiyah penutupan Visitation Stage 2 dilakukan dengan menggundang seluruh auditee di IAIN Kediri. Acara dimulai dengan pembacaan temuan-temuan dari auditor  untuk disepakati bersama dan tindak lanjut dari temuan-temuan tersebut diantaranya tekait dengan IKU, SOP dan Renstra. Penutupan dilakukan oleh Wakil Rektor 2 IAIN Kediri, Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag. Beliau berharap dengan adanya sertifikasi Internasional ini membuat IAIN Kediri semakin bermanfaat dan membawa keberkahan untuk semuanya.  Doa penutupan kali ini dibacakan oleh Dekan Febi, Dr. H. Imam Annas Mushlihin, MHI. Tepat pukul 16.00 acara penutupan selesai. Acara sertifikasi Internasional dari BSI Visitation Stage 2 secara offline sukses terlaksanakan.        Setelah penutupan, ketua LPM IAIN Kediri Dr. H. Muniron, M.Ag. selaku kordinator dari sertifikasi Internasional mengadakan rapat untuk untuk membahas dan menyepakati Corrective Action Plan (CAP) dengan tim LPM dan GPM terkait saran-saran dari auditor untuk segera ditindak lanjuti. Acara rapat ini selesai pukul 17.00. Alhamdulillah semua acara selama 6 hari mulai pagi sampai sore berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun. (Ahmad Yani)