Kegiatan

LPM Adakan Pelatihan dan Koordinasi Tim Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN Kediri Tahun 2024

Kota Kediri-LPM IAIN Kediri. Hari Kamis, 15 Februari 2024, LPM IAIN Kediri sukses melakukan Pelatihan dan Koordinasi Tim Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN Kediri Tahun 2024. Acara ini dihadiri 86 tim APT yang mewakili seluruh unit, lembaga dan UPPS. Acara dimulai pukul 08.00 sampai13.30 dan bertempat di aula Lt IV Gedung Rektorat. Pelatihan diawali dengan sambutan sekaligus laporan dari ketua LPM, Dr. Muniron, M.Ag. tentang persiapan dan proses pembentukan Tim APT. 

Sambutan kedua sekaligus pembukaan dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Kediri, Dr. Wahidul Anam, M.Ag. Beliau menyampaikan pengalamannya sembilan tahun yang lalu (2014-2015) Ketika IAIN Kediri yang saat itu bernama STAIN Kediri melakukan akreditasi pertamanya. Akreditasi pertama ini menghasilkan peringkat B. Peringkat ini terus digunakan sampai sekarang, termasuk saat alih status dari STAIN ke IAIN Kediri.

Akreditasi Perguruan Tinggi di IAIN Kediri akan berakhir pada tahun 2025, sehingga pada Oktober 2024 harus sudah submit dokumen akreditasi. Ada sembilan bulan untuk melengkapi dokumen. ā€œWaktu ini singkat, sehingga kita harus maksimalkan,ā€ kata rektor. Rektor meminta minimal setiap bulan harus ada rapat progress report tim APT, baik luring maupun daring.     

Memasuki acara inti, pelatihan APT memanggil narasumber Prof. Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. dan dimoderatori oleh Kapus Akreditasi LPM, Eka Resti Wulan, M.Pd. Sebelum mengawali materi, narasumber menerangkan tentang linimasa tugas tim APT sampai submit di bulan Oktober 2024. Prof. Sugeng juga menjelaskan tentang tips dan trik terkait penulisan laporan evaluasi pada kriteria (disingkat dengan huruf ā€œCā€), C1 dan C2. Untuk C3 sampai C9 akan dibahas pada acara selanjutnya.

Sebelum acara berakhir Kapus Akreditasi LPM sekaligus sekretaris Tim APT IAIN Kediri, Eka Resti Wulan, M.Pd., menjelaskan terkait tupoksi dari masing-masing Tim APT. Tim APT yang berjumlah 86 akan terbagi menjadi beberapa tim, diantaranya pimpinan dan koordinator, tim pengurus, tim penyusun LED dan LKPT, tim kesektariatan, tim tracer study, tim survei kepuasaan, dan tim pengukur Renstra. 

Penulis: Ahmad Yani
Editor: Fatma Puri Sayekti