Kegiatan

Asesmen Lapangan Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (PS-FEBI) IAIN KEDIRI Tahun 2024

Kota Kediri- LPM IAIN Kediri. Hari Kamis dan Jumat tanggal 21 dan 22 Maret 2024 bertempat di Auditorium gedung M Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Program Studi Perbankan Syariah melakukan Asesmen Lapangan (AL). AL kali ini dilakukan secara offline atau tatap muka dan berlangsung selama dua hari. Hari pertama mulai pukul 08.00 sampai 18.00 dan dilanjutkan dengan buka bersama karena AL kali ini bertepatan dengan puasa Romadhon sedangkan hari kedua mulai pukul 08.00 sampai  pukul 11.30.

Asesor AL di Prodi Perbankan Syariah adalah Dr. Aris Budi Setyawan, S.E., M.M. dari Universitas Gunadarma, sebagai asesor pertama dan Dr. Jamal Abdul Aziz, M.Ag. dari UIN Prof Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto sebagai asesor kedua. Pembukaan AL Perbankan Syariah dihadiri oleh Rektor IAIN Kediri, wakil rektor I, wakil rektor II, Dekan dan wakil Dekan FEBI, tim GPM FEBI, tim akreditasi Perbankan Syariah, tim LPM, tim LPPM, tim TIPD, tim perpustakaan, dosen Perbankan Syariah, mahasiswa Perbankan Syariah, pengguna lulusan dan alumni Perbankan Syariah FEBI IAIN Kediri.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Kediri, Dr. Wahidul Anam, M. Ag. menyampaikan kami perlu masukan agar prodi Perbankan Syariah ini menjadi prodi yang dapat dibanggakan oleh mahasiswa, oleh masyarakat, dan kami juga berharap kiprahnya prodi Perbankan Syariah semakin terkenal dan bersaing serta perkembangannya semakin terarah.

AL kali ini diawali dengan proses wawancara oleh asesor kepada Rektor IAIN Kediri terkait dengan arah pengembangan kampus IAIN Kediri dan langsung disambung dengan tim akreditasi yang menunjukkan bukti-bukti  dan data kuantitatif. Sesi selanjutnya wawancara kepada tim LPM, khususnya kepada ketua LPM Dr. H. Muniron, M.Ag. ketua LPPM Dr. Taufik Alamin, M.Si dan ketua GPM FEBI Dr. Wildan Fawaid, M.E.I. Setelah sesi wawancara dilanjutkan dengan kunjungan ke lembaga atau unit dan fasilitas sarana prasarana yang ada di FEBI IAIN KEDIRI.

Dalam sesi penutupan AL Prodi Perbankan Syariah, asesor satu, Dr. Aris Budi Setyawan, S.E., M.M. menyampaikan beberapa catatannya selama melakukan AL diantaranya  ruang terbuka hijau atau RTH perlu ditingkatkan di FEBI IAIN Kediri, perlu Suasana Akademik yang Sejuk, Bersih, dan Nyaman  hal ini bisa melalui kegiatan seperti Jumat Bersih atau ide-ide yang lainnya. Mahasiswa asing di FEBI juga belum ada, sehingga ke depannya harus ada mahasiswa asingnya di FEBI. Asesor juga menyarankan untuk memaksimalkan potensi SDM yang ada di FEBI terutama SDM yang muda-muda ini harus dimanfaatkan untuk pengelolaan kampus dengan ide-ide barunya. Selanjutnya ada 51 butir tagihan untuk monitoring di tahun depan. 51 tagihan ini harus segera dirapatkan dan ditindaklanjuti. Pesan terakhir dari asesor adalah pembiasaan budaya mutu yaitu peduli pada data harus mulai dibudayakan, Penjaminan Mutu juga harus didukung dengan Sumber Daya yang kuat. (Resti, Yani)