Kegiatan

LPM IAIN Kediri Gelar Persamaan persepsi demi SUKSESI Kegiatan  AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) Tahun 2024

 

Audit mutu internal (AMI) merupakan bagian penting dalam kerangka peningkatan kualitas pada organisasi sebagai bagian layanan informasi atas manajemen kepada stakeholder. Aktivitas audit mutu internal (AMI) ini merupakan bagian dari Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang bertujuan sebagai kontrol dan improvement atas standar yang telah ditetapkan. Dengan melakukan monitoring dan evaluasi berperan dalam mengakselerasikan kinerja institusi dalam bidang akademik dan non akademik. Dengan adanya kegiatan ini dapat diketahui bahwa perencanaan yang telah dibuat sesuai antara pelaksanaan dan parameter keberhasilannya. Kegiatan ini juga bagian dari mewujudkan tatakelola organisasi yang handal, khususnya good university governance

Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kediri melaksanakan rapat koordinasi pada hari kamis tanggal 27 juni 2024 di lantai 3 Gedung Rektorat  dalam rangka persamaan persepsi Auditor.Persamaan persepsi dilaksanakan untuk upaya membangun kesepahaman antara Auditor Ketudan juga anggota. Dalam kesempatan tersebut disampaikan kepada para undangan terkait jadwal audit secara luring  juga daring dan deskripsi temuan. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kediri Dr.H.Muniron M.Ag menegaskan tentang Audit Tindak Lanjut harus dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur. Auditor untuk tegas memberikan catatan untuk unit kerja yang tidak memenuhi Audit Tidak Lanjut (ATL) tersebut.

Peningkatan Budaya Mutu di Perguruan Tinggi menjelaskan bahwa budaya mutu adalah sistem nilai organisasi yang menciptakan lingkungan yang kondusif untuk keberlangsungan perbaikan mutu yang berkesinambungan. Budaya mutu terdiri atas nilai-nilai, tradisi, prosedur dan harapan tentang promosi mutu. Tujuan budaya mutu adalah untuk membentuk suatu lingkungan organisasi yang memiliki sistem nilai, tradisi, dan aturan-aturan yang mendukung tercapainya perbaikan mutu secara terus menerus.Wujud praktik baik budaya mutu di lingkungan Perguruan Tinggi sudah diterapkan dengan praktik-praktik di antaranya adalah dengan melaksanakan Audit Mutu Internal yang dilaksanakan setiap tahun.