Kegiatan

LPM IKUTI PELATIHAN PENYUSUNAN KURIKULUM BERBASIS OUTCOMES BASED EDUCATION (OBE)

Dalam rangka mempersiapkan evaluasi kurikulum, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Best-Q Institute pada tanggal 27-29 Oktober 2023. Pelatihan dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting bertempat di kantor Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Materi konsep kurikulum OBE di paparkan oleh Dr. Fajri Ismail, M.Pd, beliau menjelaskan pentingnya Outcomes Based Education (OBE) atau pendidikan berbasis luaran, merupakan perubahan persepsi tentang kurikulum dalam proses pembelajaran, yang selama ini dimaknai sebagai silabus kumpulan pengetahuan dan keterampilan untuk diajarkan kepada peserta didik. Capaian utama dalam OBE adalah luaran berupa capaian pembelajaran (CP) atau Learning Outcomes (LO). OBE berfokus pada hasil pembelajaran yang diharapkan, dan kompetensi atau kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja/profesi lulusan. Selain itu, OBE juga digunakan sebagai standar dalam asesmen dan akreditasi internasional.
Kegiatan pelatihan berlangsung selama tiga hari, mulai hari jum’at sampai minggu, kegiatan terdiri atas ceramah, diskusi kelompok dan penugasan. Ceramah dimaksudkan untuk membekali peserta dengan pengetahuan teoritis, sedangkan diskusi kelompok bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta atas pengetahuan yang telah dipelajari, serta penugasan untuk meningkatkan keterampilan menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis luaran. Pada hari jum’at materi terdiri Konsep Kampus Merdeka (merdeka belajar) dan Outcome Based Education (OBE), Kebijakan kurikulum, Teori penyusunan PEO, PL dan CPL, kemudian dilanjut dengan Teori menyusun BK, Evaluasi dan Penetapan MK, pada hari ini pelatihan ditutup dengan dengan penugasan pembahasan kebijakan MKBM di IAIN Kediri.
Pada hari kedua, sabtu, 28 Oktober 2023 materi terdiri dari Penyusunan Profil Lulusan, CPL, Bahan Kajian Pembentukan Mata Kuliah dan Bobot SKS, dan Pembahasan penyesuaian Pedoman SKL serta Materi Desain Pembelajaran. Dan pada hari kedua ini, peserta mendapat tugas pedoman SKL di masing-masing perguruan tinggi. Pada hari ketiga, minggu 29 Oktober 2023, terdapat tiga materi yakni Penyusunan CPMK dan Sub CPMK, Penyusunan RPS Berbasis OBE dan Model Pembelajaran CBL dan PjBL. Pada hari terakhir ini terdapat tugas untuk pengisian pos-test dan penyusunan RPS berbasis OBE sesuai dengan template yang telah disediakan oleh Best-Q Institute.
Untuk kelancaran pelatihan, Dr. Muniron, M.Ag selaku ketua LPM mengajak semua personalia dari dosen dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan tersebut. Pada akhir pelatihan ini peserta diharapkan telah memperoleh rancangan pengembangan kurikukum berbasis luaran dan dan komponen-komponen penting terkait, sebagai bagian tak terpisahkan dalam sistem pendidikan berbasis luaran (OBE) dan kemudian dapat di implementasikan ke perguruan tinggi masing-masing.(muza/lpm)