Kegiatan

LPM SUKSES LAKSANAKAN RTM 2023

Jumat dan sabtu, 8 dan 9  Desember 2023 Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kediri sukses melakukan Rapat Tinjauan Manajemen atau RTM 2023. Peserta yang hadir pada RTM tahun ini ada 141 peserta yang terdiri dari para pemegang kebijakan di Satker IAIN Kediri, diantaranya yaitu Ketua dan Sekretaris Senat, Rektor, Wakil Rektor I, II, III, Kepala Biro AUAK, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kepala Program Studi, Sekretaris Program Studi, Ketua, Sekretaris Kapus LPM, Ketua, Sekretaris Kapus LPPM, Kepala dan Sekretaris SPI, Kepala UPT Perpustakaan, Kepala UPT Bahasa, Kepala UPT Ma’had, Kepala UPT TIPD, Kepala dan Sekretaris IOP, Kabag umum dan layanan akademik, Bagian keuangan dan perencanaan, dan Gugus penjaminan mutu.      

RTM hari pertama dimulai pukul 12.30 sampai 16.30 bertempat di Home Theater Perpustakaan IAIN Kediri. Rektor IAIN Kediri, Dr. Wahidul Anam, M.Ag membuka RTM kali ini serta memberikan pengarahan tentang alih status dari IAIN ke UIN. Peningkatan ini harus disertai dengan peningkatan kualitas pendidikan dan layanan di dalam kampus. Acara selanjutnya yaitu pemaparan hasil AMI sebagai salah satu pijakan materi RTM yang disampaikan oleh kapus PAPP, Dr. Hj. Zuraidah, M.Si Dalam paparannya, dia menyampaikan perbandingan naik turunnya hasil AMI selama tiga tahun terakhir, 2021, 2022, 2023. Selama tiga tahun ini ada beberapa prodi yang perlu didampingi untuk menjaga status akreditasinya karena selama tiga tahun terakhir hasil AMInya terus menurun dan ini tidak baik untuk akreditasi perguruan tinggi.

Ketua LPM, Dr. H. Muniron, M.Ag. memberikan laporan dalam RTM tahun ini dan menjelaskan bahwa RTM merupakan rangkaian dalam siklus penjaminan mutu yaitu PPEPP. AMI merupakan Evaluasi sedangkan RTM adalah P yang keempat yaitu Pengendalian. Bahan materi RTM diantaranya hasil AMI, hasil survey, hasil tracer study dll, hasil RTM tahun kemarin yang belum ditindak lanjuti dll. Acara pembukaan RTM ini ditutup dengan penyerahan hasil AMI 2023 oleh Rektor IAIN Kediri kepada para dekan, ketua lembaga, ketua unit, dan kaprodi.

Acara selanjutnya yaitu sidang komisi yang dibagi menjadi tiga komisi sidang. Komisi satu yang dipimpim oleh Warek I, Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag. yang membahas tentang akademik dan pengembangan kelembagaan,  komisi dua yang dipimpin oleh Warek II, Dr. Muhammad Muhaimin, M.Ag   yang membahas tentang administrasi umum, perencanaan, dan keuangan, komisi tiga dipimpin oleh Warek III, Dr. M. Dimyati Huda, M.Ag. yang membahas tentang kemahasiswaan dan Kerjasama. Untuk Warek I dan Warek III memimpin RTM secara daring karena beliau masih mengantarkan mahasiswa KKN di Thailand. Sidang komisi ini berakhir pukul 16.30 dan menghasilkan rumusan-rumusan yang akan dibawa dalam RTM hari kedua ketika sidang pleno besok.      

RTM hari kedua bertempat di hotel bukit daun, Bajang Semen Kediri dan  dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 dengan materi dari Dewan Eksekutif BAN PT yaitu Prof. Dr. Slamet Wahyudi. Professor dari Universitas Brawijaya Malang ini menyampaikan materi tentang Peningkatan tata Kelola IAIN Kediri menuju akreditasi unggul. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang sejarah akreditasi perguruan tinggi di Indonesia dari awal sampai berdirinya akreditasi mandiri seperti Lamemba, lamdik dll. Salah satu paparannya yang penting adalah memperhatikan regulasi-regulasi terbaru terkait akreditasi prodi karena perguruan tinggi yang berhak mengeluarkan ijazah mahasiswa adalah prodi yang terakreditasi, tanpa akreditasi prodi mahasiswa tidak akan menerima ijazah yang sah kampus. Terkait regulasi terbaru yaitu ISK (instrumen suplemen konversi) regulasi terbaru untuk reakreditasi dari prodi yang akreditasinya masih menggunakan peraturan lama. Kaprodi dan pimpinan harus memperhatikan terkait ini.          

Setelah ishoma Rektor IAIN Kediri memimpin sidang pleno RTM dengan diawali pembacaan hasil dari sidang komisi kemarin yang dibacakan oleh masing-masing sekretaris sidang komisi. Pembacaan rumusan-rumusan ini juga mendapatkan saran-saran perbaikan dari peserta sidang Pleno. Rektor IAIN Kediri menutup RTM dengan penandatanganan berita acara kegiatan RTM tahun ini. Pukul 16.00 acara RTM selama dua hari akhirnya selesai. (Ahmad Yani)