Kegiatan

LPM MENGADAKAN PERBAIKAN DAN EVALUASI SOP

Senin dan selasa, 4 dan 5  Desember 2023 Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kediri melakukan workshop ISO 21001:2018 tentang Standar Operasional Prosedur atau SOP. Workshop ini merupakan rangkaian dari workshop ISO (The International Organization for Standardization) yang sudah dilakukan oleh tim LPM IAIN Kediri yang bekerjasama dengan Decra Certification yang diwakili oleh Professor Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd. Acara ISO kali ini bertempat di Gedung M Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dan dihadiri oleh 50 peserta dari unsur LPM, GPM, Tim ISO dan seluruh kasubbag yang ada di IAIN Kediri. Workshop kali pada hari kedua dihadiri oleh Rektor IAIN Kediri Dr. Wahidul Anam, M.Ag dan Kabiro AUAK Drs. H. Achmad Heru Achadi Hari, M.Si. workshop ini dipandu oleh sekretaris LPM yaitu Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi.    

Di hari pertama,  Prof. Sugeng menyampaikan materi tentang SOP. Narasumber menjelaskan bahwa SOP berfungsi untuk mengkontrol konsistensi hasil. Kata kunci dalam SOP adalah proses, bagaimana mengkontrol proses dengan sebaik mungkin seperti yang diharapkan. Hasil yang baik tanpa mempertimbangkan proses tidak akan konsisten. SOP tugasnya menjelaskan pekerjaan dengan sejelas mungkin sehingga semua pihak dapat memahami dengan baik dan tidak menimbulkan pertanyaan dari pelanggan atau user.

Narasumber juga menjelaskan tentang standar, Standar adalah suatu tingkat mutu yang relevan terhadap sesuatu. Standar menjelaskan apa yang harus dicapai, tingkat yang harus dicapai, persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat disebut bermutu. Standar ada tiga kelompok yaitu standar struktur, standar proses, dan standar hasil. Standar Operasional Prosedur atau SOP pada umumnya ada dua macam: SOP yang bekerja berdasarkan kecepatan seperti di bagian akademik dan SOP yang bekerja mengutamakan keselamatan tinggi seperti di bagian keuangan.  Hari kedua,  peserta yang hadir 50 peserta lebih karena kasubbag dari beberapa UPPS di IAIN Kediri membawa tim untuk membantu merivisi atau membuat SOP yang baru. Saat ini ada sekitar 303 SOP yang ada di IAIN Kediri. SOP ini ada yang berupa pelayanan offline dan ada pelayanan online. SOP yang ada saat ini harus direvisi dan kalau memang tidak ada harus ditambahi untuk mengikuti kebijakan terbaru. Selama dua hari acara Workshop ISO 21001:2018 tentang SOP telah selesai. (Ahmad Yani)