Kegiatan

Sosialisasi RPS dan Agenda LPM pada Rapat Dosen Semester Genap 2023/2024 Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri

IAIN Kediri 25 Januari 2024 – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kediri mengadakan sosialisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berguna untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada suatu mata kuliah. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada Rapat Dosen Semester Genap tahun akademik 2023/2024 Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri.

Dalam rapat tersebut membahas beberapa agenda: Evaluasi Semester Gasal TA 2023/2024, persiapan Semester Genap TA 2023/2024, koordinasi bimbingan akademik atau perwalian, koordinasi Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) sebagai wujud dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sosialisasi RPS, dan sosialisasi agenda LPM.

Sosialisasi pembaruan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) disampaikan oleh Koordinator Bidang Pengembangan Pembelajaran dan Kurikulum LPM IAIN Kediri yaitu Bapak Nurul Huda Purnomo, M.Pd. Pak Huda menyampaikan bahwa guna meningkatkan kualitas pembelajaran di Fakultas Tarbiyah, RPS memerlukan pembaruan. Salah satu perubahan signifikan adalah adanya rubrik evaluasi yang menekankan keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam pembelajaran. Materi pembelajaran juga akan diprogram dengan integrasi dari penelitian dan pengabdian, serta setiap dosen diwajibkan melaksanakan minimal dua kali evaluasi pembelajaran dalam satu semester. Selain itu, Capaian Pembelajaran (CPL) yang dibebankan pada setiap mata kuliah juga harus disesuaikan dengan CPL kurikulum Fakultas Tarbiyah. Untuk dapat menyusun RPS secara baik dan benar, Gugus Penjaminan Mutu (GPM) turut mendampingi proses pembuatan RPS oleh para dosen.

Pada rapat sosialisasi tersebut, ketua LPM, Bapak Dr. H. Muniron, M.Ag. menyampaikan informasi terkait Laporan Kinerja Dosen (LKD) yang merupakan gambaran kinerja riil dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hitungan SKS satu semester terakhir sudah dijalani, dengan unsur utama penilaian adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penunjang kegiatan akademik dosen.

Untuk itu, dosen dan asesor diminta untuk segera menyelesaikan laporan dan penilaian tersebut terakhir pada tanggal 30 Januari 2024. Selain itu, Ketua LPM juga memberikan apresiasi kepada Fakultas Tarbiyah atas beberapa survei kepuasan yang telah dilakukan dan tindak lanjut yang dilakukan berdasarkan hasil survei tersebut.

Selain itu, ketua LPM menyampaikan dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, menyoroti pentingnya optimalisasi penggunaan Elearning dan Simonik yang merupakan Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan yang berjalan di lingkungan kampus IAIN Kediri. Kedua media tersebut berfungsi untuk memonitor pelaksanaan perkuliahan agar proses perkuliahan dapat lebih terkontrol. Dengan demikian, optimalisasi dalam penggunaan platform tersebut harus tingkatkan sehingga evaluasi dan monitoring menjadi lebih valid.

Ketua LPM, Bapak Dr. H. Muniron, M.Ag., juga menginformasikan tentang tahapan yang akan dilaksanakan untuk mendapatkan sertifikasi ISO OEM 21001: 2018 sebagai langkah menuju kampus bertaraf internasional. Sebagai informasi, AMI ISO akan dilaksanakan dari 31 Januari hingga 5 Februari 2024. Teknik AMI ISO dilakukan dengan audit daring dan luring. Dokumen yang dibutuhkan bisa diunggah mulai tanggal 26-30 Januari 2024, pemeriksaan dokumen atau audit daring dilaksanakan tanggal 31 Januari 2024, sedangkan audit luring akan dilakukan mulai tanggal 1-5 Februari 2024. Selanjutnya, untuk pelaksanaan sertifikasi ISO OEM 21001: 2018, menunggu keputusan dari pimpinan IAIN Kediri.

Penulis: Nabil Khasbullah
Editor: Fatma Puri Sayekti