Kegiatan

Asesmen Lapangan Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri

Kota Kediri- LPM IAIN Kediri. Hari Rabu dan Kamis tanggal 24 dan 25 Mei 2023 bertempat di Auditorium gedung M Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) melakukan Asesmen Lapangan (AL). AL kali ini dilakukan secara online, sehingga asesor dari BAN-PT melakukan proses Audit dari jarak jauh melalui zoom meeting yang terbagi menjadi dua hari, hari pertama Rabu yang dimulai pukul 08.00 dan istirahat pukul 11.00, selanjutnya dimulai lagi pukul 13.00 dan diakhiri pukul 16.00. Untuk hari kedua, Kamis dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 12.00. Agenda hari kedua merupakan lanjutan dari agenda hari pertama, yang diisi dengan diskusi terkait berita acara pada AL kali ini. Acara AL ini ditutup dengan penyampaian, pengecekan dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan disertai dengan penyampaian hasil akreditasi ke perguruan tinggi.

Asesor untuk AL di TIPA ada dua yaitu Prof. Dr. Insih Wilujeng, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Techn. Marzuki, S.Si, M.Sc.Eng dari Universitas Andalas Padang Sumatera Barat. Sedangkan yang hadir di Auditorium Gedung M Fakultas Tarbiyah dari unsur Rektorat ada Bapak Rektor IAIN Kediri Dr. Wahidul Anam, M.Ag, Warek I Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag Ketua LPM Dr. H. Muniron, M.Ag., Sekretaris LPM Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi., dan Kepala Pusat PPAPP LPM Dr. Hj. Zuraidah, M.Si. dan Kepala Pusat Pengembangan Mutu Akademik M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I. beserta Tim LPM lainnya. Kemudian dihadiri dari Unsur Dekanat ada Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri Prof. Dr. Hj. Munifah, M. Pd, Wadek I Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd, dan Wadek II Dr. Fathor Rasyid, M.Pd., dan Wadek III Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dari unsur Prodi TIPA ada Kaprodi Ummiy Fauziyah Laili, M.Si dan Sekprodi Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, dari unsur Ketua Laboratorium, tendik, beberapa dosen, dan juga perwakilan dari mahasiswa persemester.

AL kali ini merupakan pengalaman pertama bagi prodi TIPA, sehingga dari unsur alumni belum terpenuhi, Karena TIPA baru menerima mahasiswa di tahun 2020.  

Dalam sesi interview dengan Dekanat Fakultas Tarbiyah, dua asesor menanyakan terkait kesesuaian visi misi fakultas dengan institusi dan kegiatan-kegiatan yang bisa mencapai visi misi itu sesuai dengan milestone di dalam Renstra IAIN Kediri. Ketika Interview terkait dengan penjaminan mutu, dua asesor menanyakan keberadaan LPM beserta kegiatan-kegiatan untuk menjamin mutu di dalam kampus, seperti mekanisme AMI, hasil AMI dan tindak lanjut dari AMI. Asesor juga minta ditunjukkan hasil AMI tahun 2020, 2021 dan 2022 untuk membuktikan bahwa temuan-temuan dalam AMI sudah ada tindak lanjutnya.

Prof. Dr. Insih Wilujeng, M.Pd menanyakan terkait proses AMI di IAIN Kediri apakah sudah sistem online atau manual?. Pertanyaan ini dijawab oleh Dr. Hj. Zuraidah, M.Si. selaku kapus yang bertanggung jawab tekait AMI, bahwa AMI di IAIN Kediri masih manual, artinya kegiatan AMI belum mempunyai website tersendiri untuk mengunggah dokumen-dokumen hasil AMI. AMI di IAIN kediri masih menggunakan link google drive untuk mengakomodir terkait dokumen-dokumen AMI.     Alhamdulillah selama proses AL di TIPA diberikan kelancaran serta kemudahan. Semoga AL TIPA kali ini membawa hasil yang maksimal untuk memajukan kualitas akademik di IAIN Kediri. (Resti, Yani)